Ponsel Huawei Deteksi Aplikasi Google Sebagai Virus

Lidya Aurora

ponsel huawei

Pengguna ponsel Huawei sedang menghadapi fenomena yang tak terduga, yang membuat mereka terkejut. Ponsel Huawei mereka mendeteksi aplikasi Google sebagai virus dan mendorong pengguna untuk segera menghapusnya.

Perlu diingat bahwa ponsel Huawei telah beroperasi tanpa aplikasi Google secara resmi dalam beberapa tahun terakhir. Untuk mengakses aplikasi Google di ponsel Huawei, pengguna harus menginstalnya secara manual dari sumber pihak ketiga.

Huawei mengidentifikasi aplikasi Google sebagai virus

Sejumlah laporan dari pengguna di Reddit dan forum Google mengungkapkan bahwa ponsel Huawei mengidentifikasi aplikasi Google yang diinstal sebagai virus. Ponsel Huawei mengklasifikasikan aplikasi tersebut sebagai ‘TrojanSMS-PA’ dan menyatakan bahwa aplikasi tersebut sudah terinfeksi.

Melalui Aplikasi Phone Manager yang ada di ponsel Huawei, pengguna diberi peringatan untuk segera menghapus aplikasi Google karena terdeteksi melakukan pengiriman SMS secara diam-diam. Peringatan tersebut juga menyatakan bahwa aplikasi ini mungkin mencoba membujuk pengguna untuk membayar dengan konten dewasa, melakukan pengunduhan atau instalasi aplikasi tanpa izin, atau bahkan mencuri informasi pribadi yang dapat menyebabkan kerugian materi dan kebocoran privasi.

Huawei secara tidak sengaja mendeteksi aplikasi Google sebagai virus

Google sendiri belum memberikan komentar resmi terkait masalah ini, tetapi dapat dipastikan bahwa aplikasi Google yang resmi tidak mengandung virus. Salah satu kemungkinan adalah bahwa perangkat lunak di ponsel Huawei secara tidak sengaja mendeteksi aplikasi Google sebagai virus.

Kejadian serupa telah terjadi sebelumnya, yang melibatkan sistem deteksi aplikasi milik Google, yaitu Play Protect. Baru-baru ini, pengguna ponsel Samsung juga menerima peringatan dari Play Protect yang menyatakan bahwa aplikasi bawaan seperti Samsung Wallet dan Samsung Messages merupakan aplikasi berbahaya dan harus dihapus. Namun, masalah ini ternyata disebabkan oleh kesalahan dari pihak Google.

Hingga saat ini, pihak Huawei belum memberikan tanggapan resmi terkait masalah ini. Meskipun begitu, beberapa pengguna telah menemukan cara untuk menghentikan peringatan virus dengan membersihkan cache di aplikasi Phone Manager. Kasus ini menunjukkan betapa pentingnya pemeliharaan perangkat lunak dan koordinasi antara produsen ponsel dan penyedia layanan dalam mencegah insiden semacam ini terulang di masa depan.

Leave a Comment