Samsung Ungkap Keunggulan Kamera Galaxy S24 Ultra

Lidya Aurora

Samsung memamerkan keunggulan kemampuan kamera Galaxy S24 Ultra yang dapat membuat iPhone 15 Pro Max merasa cemas. Sebabnya, bahkan dalam hal kemampuan zoom, Galaxy S24 Ultra belum dapat ditandingi oleh saingannya.

Samsung membagikan sebuah video yang mengungkapkan kecanggihan dari sensor ISOCELL 200 MP yang dipadukan dengan Snapdragon 8 Gen 3. Dengan tidak ada smartphone lain di pasaran yang memiliki spesifikasi perangkat keras sekuat ini, video tersebut jelas merupakan sebuah teaser bagi Galaxy S24 Ultra yang dijadwalkan akan diluncurkan pada awal tahun 2024.

Fitur Zoom Anyplace otomatis melacak subjek di Video

Samsung memperkenalkan fitur “Zoom Anyplace,” yang secara otomatis melacak subjek dalam video, sambil tetap menjaga kualitas gambar yang diperbesar dari seluruh adegan. Artinya, sensor ini memungkinkan pengguna untuk merekam dua video 4K secara bersamaan, yaitu satu dari area yang diperbesar (crop) dan satu dari seluruh tampilan.

Ini memberikan pengguna kemampuan untuk mengatur framing video setelah pengambilan gambar selesai, yang dapat diterapkan baik pada zoom 2x maupun 4x.

Sensor ISOCELL dapat memproses foto secara berurutan

Fitur ini juga diklaim secara otomatis melacak subjek dan menjaganya agar tetap fokus secara real-time ketika bergerak dalam berbagai arah, termasuk mendekat ke lensa. Semua ini direkam dalam resolusi 4K.

Perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini juga memperkenalkan teknologi AI Remosaic E2E (end-to-end) yang merupakan pendekatan baru dalam pemrosesan gambar. Saat ini, sensor ISOCELL memproses foto secara berurutan – warna demi warna, lapis demi lapis.

Dengan pendekatan baru ini, semua proses terjadi secara paralel: pengolahan warna, pengaturan nada, pengurangan noise, penajaman, HDR, demosaicing, penyeimbangan warna, dan koreksi bayangan lensa semuanya terjadi secara bersamaan.

Peningkatan ini akan menggandakan kecepatan pengambilan gambar, mengurangi waktu pemrosesan, dan menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik.

Didukung chipset canggih Snapdragon 8 Gen 3 dan senson 200MP

Meskipun dalam video Samsung menyatakan bahwa semua fitur ini hanya digunakan untuk keperluan ilustrasi, kami yakin bahwa fitur-fitur tersebut akan ada dalam Galaxy S24 Ultra. Hal ini dapat dipastikan karena perangkat ini akan didukung oleh chipset Snapdragon 8 Gen 3 dan sensor 200MP.

Kami akan segera mengetahui kebenarannya dalam acara Unpacked mendatang, yang diperkirakan akan berlangsung pada minggu-minggu pertama tahun depan, sesuai dengan laporan dari GSM Arena.

Leave a Comment